WhatsApp

+62 812-3299-9470

Email

jttcugm.jogja@gmail.com

Jam Buka

Senin - Jum'at: 08.30AM - 04.30PM Sabtu: 08.30 AM - 01.30 PM

Bagi Informasi Ini

Massage atau pijat memiliki berbagai manfaat bagi tubuh, fungsi utamanya dari melakukan treatment pijat melancarkan peredaran darah serta melemaskan otot sehingga membantu menghilangkan rasa penat dan capek. Tidak hanya pada orang dewasa, bayi juga sesekali memerlukan pijat karena merupakan kombinasi bentuk stimuli modal yaitu stimulasi peraba dan juga stimulasi gerak. Pijat pada bayi atau baby massage dapat dilakukan sedini mungkin pada bayi yang terlahir normal secara bulan (matur), untuk bayi lahir kurang bulan (prematur) hendaknya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan kesiapan bayi dalam mendapatkan baby massage.

Sejak zaman kerajaan, di Indonesia sudah terkenal tradisi pijat tradisional atau  traditional massage dengan menggunakan rempah-rempah alami yang kaya akan manfaat dan diwariskan secara turun-temurun oleh leluhur dan dipraktikkan hingga saat ini. Aroma dari rempah-rempah dengan bentuk aromaterapi memberikan efek ketenangan, selain itu pada traditional massage menggunakan gerakan sederhana dengan pijat ringan di seluruh tubuh. Pada bayi juga dapat dilakukan pijat tradisional (traditional baby massage), penelitian menunjukkan sentuhan-sentuhan ringan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh  menjadi faktor krusial untuk tumbuh kembang, komunikasi, serta proses belajar.

Traditional baby massage biasanya dilakukan oleh tukang urut yang memiliki warisan kemampuan memijat secara turun-temurun. Pijat bayi hendaknya dilakukan dalam kondisi yang menyenangkan dan dan dapat dilakukan bersamaan dengan pemberian stimulasi lain, jika bayi menangis saat dipijat maka treatment harus segera dihentikan karena menandakan bayi tidak nyaman. Banyak tenaga kesehatan terutama dokter yang menyarankan supaya pijat bayi dilakukan oleh orang tuanya sendiri. Oleh karena itu tenaga yang melakukan baby massage harus terlatih dan berlisensi karena menyangkut efek tumbuh kembang pada bayi. Sehingga perlu diselenggarakan pelatihan untuk orang-orang yang bekerja pada industri ini untuk meminimalisir hal-hal buruk yang tidak diinginkan menyangkut kondisi si bayi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan kami, anda dapat menghubungi Admin kami di nomor (0812-3299-9470).

Artikel yang Disarankan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *