WhatsApp

+62 812-3299-9470

Email

jttcugm.jogja@gmail.com

Jam Buka

Senin - Jum'at: 08.30AM - 04.30PM Sabtu: 08.30 AM - 01.30 PM

Bagi Informasi Ini

Pelatihan Menjadi Profesiomal Therapist  – Program pelatihan ini akan memberikan pemahaman tentang terapis SPA (Massage/pijat) sesuai dengan standar yang berlaku. Program ini dimulai dari persiapan kerja sebagai Terapis SPA di bidang massage (Pijat), persiapan alat bahan, cara penerimaan klien, diagnosa klien, dan tata cara menjadi Terapis SPA. Peserta dapat mengetahui, menerapkan dan menguasai tentang SPA (massage/pijat) bagian-bagian tubuh tertentu untuk memelihara dan memulihkan kesegaran dan kesehatan jasmani. Menggosok dengan krim atau massage oil pada tubuh klien dan memijat tubuh menurut cara yang sesuai untuk meningkatkan kesegaran, kesehatan atau memulihkan jasmani dengan meremas, mengosok guna mempelancar peredaran darah atau melemaskan. Keahlian tersebut bisa dipakai untuk bekerja sebagai terapis SPA massage/pijat di per bidang unit kompetensi misalnya back massage, basic massage ataupun massage keseluruhan membuka usaha sehingga dapat menambah penghasilan.

Bidang terapi adalah salah satu profesi yang sangat bermanfaat dan berharga dalam membantu individu mengatasi masalah mental dan emosional mereka. Menjadi seorang profesional terapis memerlukan pelatihan yang mendalam dan komitmen untuk membantu orang lain meraih kesejahteraan. Artikel ini akan membahas pentingnya pelatihan untuk menjadi seorang terapis, serta tahapan yang diperlukan untuk meraih gelar dan lisensi yang diperlukan.

1. Mengapa Pelatihan Dibutuhkan?

Pelatihan yang tepat adalah kunci untuk menjadi seorang terapis yang kompeten dan efektif. Terapis adalah seseorang yang memiliki peran penting dalam membantu individu mengatasi masalah mental, emosional, dan interpersonal. Mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang teori psikologi, keterampilan intervensi, etika profesi, serta kemampuan empati dan mendengarkan.

2. Pelatihan Formal dalam Ilmu Psikologi

Langkah pertama untuk menjadi seorang terapis adalah memperoleh pendidikan formal dalam ilmu psikologi atau bidang terkait. Ini biasanya melibatkan gelar sarjana dalam psikologi atau bidang terkait seperti pekerjaan sosial atau konseling. Beberapa terapis juga memilih untuk mengejar gelar master dalam konseling atau psikologi klinis.

3. Pelatihan Khusus dalam Terapi

Setelah mendapatkan gelar sarjana atau master, pelatihan khusus dalam terapi adalah langkah berikutnya. Ini dapat mencakup program pendidikan pascasarjana, pelatihan klinis, atau magang di bawah supervisi seorang terapis berlisensi. Pelatihan ini mengajarkan keterampilan khusus terapi, seperti psikoterapi kognitif perilaku, terapi percakapan, terapi keluarga, atau terapi psikoanalitik.

4. Memahami Kode Etik Profesi

Sebagai seorang terapis, penting untuk memahami kode etik profesi. Terapis harus memahami dan mengikuti prinsip-prinsip etika yang mencakup kerahasiaan, keadilan, integritas, dan kompetensi. Pelatihan membantu calon terapis memahami tanggung jawab etis yang melekat dalam profesi ini.

5. Mempersiapkan Lisensi

Sebagian besar negara dan yurisdiksi mengharuskan terapis untuk mendapatkan lisensi sebelum mereka dapat berpraktik. Ini melibatkan melewati ujian lisensi dan memenuhi persyaratan pengalaman klinis yang ditetapkan. Lisensi adalah bukti bahwa seorang terapis memiliki kualifikasi dan keterampilan yang diperlukan untuk membantu klien secara profesional dan etis.

6. Pengembangan Keterampilan Empati dan Mendengarkan

Selain keterampilan teknis, seorang terapis juga harus memiliki kemampuan empati yang tinggi dan kemampuan mendengarkan yang efektif. Pelatihan dapat membantu mereka mengembangkan keterampilan ini, yang penting dalam membangun hubungan yang kuat dan saling percaya dengan klien.

7. Pelatihan Berkelanjutan

Bidang terapi terus berkembang, dan terapis yang baik perlu terus memperbarui pengetahuan mereka. Pelatihan berkelanjutan dan pendidikan profesional adalah bagian penting dalam menjadi terapis yang efektif. Terapis dapat mengikuti seminar, workshop, dan kursus untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan mereka.

Kesimpulan

Baca juga : Pijatan dan Spa Bayi: Mengungkapkan Keterampilan Sentuhan yang Membawa Ketenangan

Dalam dunia spa. selain belajar menjadi seorang therapist, anda juga diajarkan mengenai spa secara general mulai dari hal yang terkecil hingga hal yang terpenting. Ilmu yang dipelajari juga dapat bermaanfaat untuk diri sendiri dan juga untuk orang lain, anda juga dapat menabung ilmu pengetahuan kedepannya.

Pelatihan Menjadi Profesiomal Therapist 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pelatihan kami, anda dapat menghubungi admin (0812-3299-9470)

Artikel yang Disarankan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *