WhatsApp

+62 812-3299-9470

Email

jttcugm.jogja@gmail.com

Jam Buka

Senin - Jum'at: 08.30AM - 04.30PM Sabtu: 08.30 AM - 01.30 PM

Bagi Informasi Ini

Lulur tradisional adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang telah dikenal luas tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di mancanegara. Teknik pembuatan lulur ini telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi, menggabungkan keahlian tradisional dengan bahan-bahan alami yang melimpah di sekitar kita.

Lulur tradisional pertama kali dikenal sebagai ritual kecantikan di keraton Jawa pada zaman dahulu. Diperkirakan praktik ini sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit, dimana para putri keraton menggunakannya sebagai perawatan kulit dan tubuh agar tetap sehat dan cantik.

Pembuatan lulur tradisional menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita, seperti beras, kunyit, jahe, temu giring, dan rempah-rempah lainnya. Bahan-bahan ini dipilih bukan hanya karena ketersediaannya tetapi juga karena manfaatnya yang telah terbukti secara turun-temurun dalam perawatan kulit.

Baca juga: Memahami Keindahan Lulur Tradisional

Proses pembuatan lulur dimulai dengan penggilingan atau pemarutan bahan-bahan alami hingga menjadi bubuk halus. Bubuk-bubuk ini kemudian dicampur dan diolah dengan teknik tertentu sehingga menghasilkan pasta atau scrub yang lembut namun efektif untuk membersihkan dan menghaluskan kulit.

Lulur tradisional tidak hanya berfungsi sebagai produk kecantikan tetapi juga memiliki manfaat kesehatan untuk kulit. Kandungan antioksidan dari bahan-bahan alami membantu mengurangi peradangan, mengangkat sel kulit mati, serta meningkatkan tekstur dan kelembapan kulit.

Pembuatan lulur tradisional merupakan bagian penting dari budaya dan warisan Indonesia yang patut dilestarikan. Selain memberikan manfaat langsung bagi kesehatan dan kecantikan kulit, lulur tradisional juga mempromosikan penggunaan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. Dengan memahami lebih dalam tentang lulur tradisional, kita dapat mengapresiasi kekayaan budaya dan kearifan lokal yang terkandung di dalamnya. Semoga keberadaan lulur tradisional terus dijaga dan menjadi bagian tak terpisahkan dari perawatan kecantikan alami di masa depan.

Tertarik mempelajari pijat tapotement? hubungi admin kami diĀ (0812-3299-9470).

Artikel yang Disarankan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *