WhatsApp

+62 812-3299-9470

Email

jttcugm.jogja@gmail.com

Jam Buka

Senin - Jum'at: 08.30AM - 04.30PM Sabtu: 08.30 AM - 01.30 PM

Bagi Informasi Ini

Fisioterapi untuk ibu hamil adalah cara yang efektif untuk membantu ibu hamil menjaga kesehatan dan kenyamanan selama kehamilan mereka. Tujuan utamanya adalah mengurangi ketidaknyamanan fisik yang mungkin dialami ibu hamil, memperbaiki postur tubuh, serta mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan.

Manfaat Fisioterapi untuk Ibu Hamil:

  1. Mengurangi Nyeri Punggung dan Kaki: Banyak ibu hamil mengalami nyeri punggung dan kaki karena perubahan postur tubuh dan berat badan yang bertambah. Fisioterapi dapat membantu dengan teknik-teknik peregangan dan latihan yang tepat untuk meredakan ketegangan otot.
  2. Meningkatkan Postur Tubuh: Perubahan hormonal selama kehamilan dapat mempengaruhi postur tubuh. Fisioterapis dapat memberikan latihan untuk memperbaiki postur dan mengurangi tekanan pada tulang belakang.
  3. Memperkuat Otot dan Persiapan Persalinan: Latihan fisioterapi seperti latihan kegel dapat membantu memperkuat otot-otot dasar panggul, yang dapat memperlancar proses persalinan dan pemulihan pasca melahirkan.
  4. Mengurangi Stres dan Kecemasan: Kebugaran fisik yang baik juga dapat membantu ibu hamil mengurangi tingkat stres dan kecemasan yang sering mereka alami selama kehamilan.

Teknik Fisioterapi yang Umum Dilakukan:

  1. Peregangan dan Penguatan Otot: Fisioterapis akan menunjukkan peregangan dan latihan yang aman untuk dilakukan selama kehamilan, dengan fokus pada penguatan otot inti dan panggul.
  2. Latihan Pernafasan: Dengan teknik pernapasan yang benar membantu ibu hamil mengatur napas saat persalinan dan meredakan kecemasan.
  3. Pijatan dan Relaksasi: Teknik pijat ringan dapat membantu mengurangi ketegangan otot dan meningkatkan peredaran darah, membantu ibu hamil merasa lebih santai dan nyaman.

Baca juga:Lulur Tradisional : Merawat Kulit dengan Bahan Alami

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Fisioterapis:

Penting untuk berkonsultasi dengan fisioterapis yang berpengalaman dalam perawatan ibu hamil sebelum memulai program fisioterapi. Mereka akan menyesuaikan program sesuai dengan kondisi kesehatan individu dan tahap kehamilan Anda.

Secara keseluruhan, fisioterapi dapat menjadi tambahan yang berharga untuk perawatan kesehatan selama kehamilan. Ini tidak hanya membantu mengurangi ketidaknyamanan fisik, tetapi juga mempersiapkan tubuh untuk pengalaman persalinan yang lebih baik. Pastikan untuk mencari referensi dan rekomendasi yang baik sebelum memilih fisioterapis yang tepat untuk Anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai kami, anda bisa menghubungi marketing kami di Whatsapp: 0812-3299-9470

Artikel yang Disarankan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *