TKI dari Bali dikirim jadi terapis spa di Jepang

Bagi Informasi Ini

bunga spaPelatihan SPA | Diklat SPA

Di tengah polemik pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri, pemerintah kabupaten Klungkung di Bali justru memberdayakan masyarakatnya untuk diberangkatkan ke Jepang. Di negeri sakura itu mereka akan dipekerjakan sebagai ‘Tukang Pijat’ atau istilah kerennya Spa. Hal itu dilakukan dalam upaya menekan angka pengangguran di Klungkung. Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertran) Klungkung membuka jalur tenaga kerja ke Jepang.

“Sekarang ini peluang Spa di jepang sangat besar. Bahkan kabarnya untuk tenaga Spa membutuhkan 5. 000 orang, di Jepang,” Kata Sosnakertran Kabupaten Klungkung, IB Adnyana Minggu (7/12).

Dengan dibutuhkannya banyak tenaga Spa di Jepang, merupakan peluang besar. Daripada jadi pengangguran di daerah sendiri. Setidaknya itu dapat mengurangi pengangguran di Klungkung.

“Untuk Spa peluang sangat terbuka kalau anak- anak kita mau. Itu bagus sekali,” ujarnya.

Sementara itu ditambahkan asisten II Pemkab Klungkung Ketut Swayadnya punya gagasan untuk membantu dengan memberikan pinjaman kepada tenaga kerja yang mau bekerja ke luar negeri.

“Rencana ke depan kita bisa membantu dengan memberikan pinjaman ke tenaga kerja kita yang mau ke luar negeri untuk bekerja,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *