Tips Terapi Refleksi Bagi Penderita Hipertensi

Bagi Informasi Ini

Pelatihan SPA | DIKLAT SPA | Tips Terapi Refleksi Bagi Penderita Hiperreflexology3tensi

HIPERTENSI adalah keadaan kejadian kelainan pada metabolisme tubuh, akibat adanya penyempitan atau penebalan pada pembuluh darah. Penyebab kelainan tersebut bisa disembuhkan atau diatasi dengan pijat refleksi.Untuk meringankan dan mengatasi tekanan darah tinggi zona refleks terapi yang harus dirawat adalah titik daerah refleksi ginjal di tengah-tengah telapak kaki. Tiga perempat dari ujung kaki, ditekan/pijat kuat.Selanjutnya pijatan bergeser satu setengah inchi ke arah ujung kaki. Yaitu titik saluran kencing, kandung kencing, lalu pijatan agak bergeser sedikit ke samping dalam, yakni titik lambung dan maag.

Kemudian tekan/pijat kuat ujung ibu jari kaki samping luar dan sisi dalam, tepat dipangkal kuku ibu jari, bagian samping luar dan dalam, kaki kiri dan kanan yaitu daerah refleksi kepala, titik refleksi kelenjar hipofisis, atau master glend, saraf telinga atau titik keseimbangan tubuh.

Pijatan adalah untuk merangsang, mempengaruhi, dan mengurai lemak-lemak yang mengendap dan mengeras di dinding pembuluh darah leher dan kepala. Juga mengembalikan kelenturan otot-otot tengkuk, bahu, dan leher. Termasuk urat-urat kepala dan muka, melancarkan suplai darah dan O2 ke otak, serta memberikan kesegaran, kenyamanan dan rasa hangat pada tubuh.

Pijatan di daerah ginjal akan membuang, mendorong, memasukan sisa-sisa pembakaran dan kotoran tubuh lainnya ke dalam saluran pembuangan. Selain itu ikut melancarkan saluran kencing, mendorong dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui air kemih dan saluran kencing.

Terapi pijat refleksi pengobatan tekanan darah tinggi dilakukan sehari 2 kali, pagi bangun tidur dan malam waktu mau tidur. Pijatan dilakukan kurang lebih selama 45 menit.

Untuk pengobatan bagi penderita tekanan darah tinggi kronis perawatan dilakukan lebih menyeluruh, dosis lebih lama, serta temponya lebih lama. Alangkah baiknya terapi dilakukan oleh seorang terapis yang sudah pengalaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *