Ternyata Pijat Bisa Meningkatkan Bobot Badan Bayi Anda

Bagi Informasi Ini

happy baby getting massage studio shot on white backgroundPijat bayi banyak dilakukan di berbagai negara dan telah dianjurkan selama beberapa abad untuk meningkatkan perkembangan bayi, baik secara fisik maupun emosional. Pemijatan secara halus dapat menjadi saluran kasih sayang orangtua terhadap buah hati dan diyakini sebagai salah satu cara memperkuat ikatan antara keduanya.Kapan sebaiknya bayi diberikan pijatan? Pijatan dapat dilakukan segera setelah bayi lahir. Waktu pemijatan sebaiknya dilakukan ketika bayi sedang tenang, di antara waktu makannya, serta ketika ia nampak sedang siap berinteraksi dan memperhatikan lingkungan sekitarnya.Namun, perhatikan juga untuk tidak memberikan pijatan setelah makan karena dapat menyebabkan bayi muntah. Tunggu setidaknya 45 menit setelah bayi selesai makan.

Beberapa studi menyebutkan pengaruh pijatan dan kenaikan berat badan bayi, terutama bayi yang lahir prematur. Pemijatan meningkatkan aktivitas vagal (aktivitas persarafan) tubuh, sehingga turut memicu pelepasan hormon yang berperan dalam penyerapan makanan, seperti hormon gastrin dan insulin, dan secara tidak langsung meningkatkan nafsu makan dan berat badan bayi.

Teori lain menyebutkan bahwa pemijatan pada seluruh tubuh dapat meningkatkan sirkulasi darah dan kelenjar getah bening, termasuk ke saluran pencernaan. Hal ini ikut melancarkan sistem pencernaan dan dapat membantu penyerapan nutrien oleh jaringan. Sebagian besar efek ini terjadi pada bayi yang lahir prematur.

Efek peningkatan berat badan juga didapati pada bayi yang lahir cukup bulan. Sebuah studi di Chile (Serrano et al., 2010) mempelajari bahwa ada efek pijat bayi selama 10-15 menit sehari sejak bayi berusia 15 hari. Pada usia 2 bulan, bayi yang rutin dipijat menunjukkan peningkatan berat badan signifikan dibandingkan dengan bayi yang tidak dipijat.

Menurut jurnal kesehatan anak Indonesia, studi yang dilakukan di Bali (Dewi NN et al., 2011). juga menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan kenaikan berat badan yang signifikan antara bayi lahir cukup bulan yang diberikan stimulasi pijatan, dibandingkan dengan bayi yang tidak menerima pijatan. Pemijatan tersebut dilakukan pada bayi baru lahir selama 15 menit sehari di rumah dalam kurun waktu 4 minggu. Perbedaan kenaikan berat badan terlihat pada usia 4 minggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *