Teknik Relaksasi Ibu Hamil

Bagi Informasi Ini

hamil-atas-35Pelatihan SPA | Diklat Spa -Padahal istirahat yang cukup sangat penting bagi ibu hamil. Nah, kita coba saja yuk teknik relaksasi ibu hamil berikut ini, yang selain simpel, juga akan bisa membantu menenangkan pikiran, mengendurkan otot yang tegang, dan tentunya menyenyakkan tidur.

•Yoga dan peregangan
Yoga dan peregangan bisa membantu ibu merasa rileks. Selain itu, ada keuntungan tambahan lain yang dimiliki teknik relaksasi ini, yaitu menjaga tubuh tetap kencang dan juga fleksibel selama hamil. Untuk mengikuti kelas yoga maupun peregangan, ibu bisa melakukannya di gim dan klub-klub kesehatan. Usahakan untuk mencari kelas yoga dan peregangan yang memang dikhususkan untuk wanita hamil.


Jika tidak punya kesempatan untuk beraktivitas di luar rumah, ibu dapat menciptakan rutinitas peregangan sendiri dengan melakukan gerakan-gerakan simpel untuk leher dan bahu, betis dan paha, serta punggung dan pinggang. Dengan meregangkan otot-otot secara lembut pada siang hari dan sebelum tidur, ibu akan bisa terlelap dengan lebih mudah. Yang perlu diingat, jangan lakukan yoga dan peregangan terlalu dekat dengan waktu tidur karena malah akan membuat ibu sulit tidur.

•Pijat
Pijat dapat mengendurkan ketegangan dan melemaskan otot yang pegal. Jika ingin mengunjungi atau mendatangkan terapis pijat profesional, ibu harus memastikan bahwa terapis itu telah memiliki pengalaman dalam menangani wanita hamil serta menggunakan meja atau bantal yang dirancang untuk pijat wanita hamil.
Jika tidak, masih ada pilihan lain yang juga sama atau bahkan lebih menyenangkan. Mendapatkan pijatan di kaki, tangan, dan leher dari suami yang baik hati adalah salah satu cara sempurna untuk mendapatkan relaksasi sebelum beranjak tidur.

•Bernapas dalam-dalam
Mengambil napas dalam-dalam dan berirama dapat mengendurkan ketegangan otot, menurunkan denyut jantung, dan membantu ibu tertidur dengan lebih cepat.
Cara yang terbaik adalah dengan berbaring di atas karpet atau tempat tidur dengan kedua kaki diluruskan. Jika ibu saat ini berada di paruh kedua kehamilan, berbaringlah dengan menyamping ke arah kiri atau selipkan satu bantal di bawah sisi kanan punggung sehingga tubuh akan sedikit miring ke arah kiri. Selain itu, ibu  juga dapat menaruh bantal di antara kaki sebagai penyokong. Dengan mulut tertutup, bernapaslah melalui hidung secara perlahan. Rasakan dada yang mengembang saat  secara bertahap mengisi paru-paru dengan udara. Tahan selama beberapa detik, kemudian keluarkan kembali lewat hidung dalam empat hitungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *