Stimulasi Pijat (Baby Massage) Berikan Efek Relaksasi pada Bayi

Bagi Informasi Ini

Jadwal Pelatihan Baby SPA 2015

Stimulasi pijat dipercaya memiliki banyak manfaat bagi bayi. Salah satunya adalah untuk memberikan efek relaksasi, sehingga bayi tenang dan lebih riang. Hal ini diungkapkan oleh pakar sentuhan, DR. dr. I Gusti Apijatan-yang-menyenangkan-bayiyu Trisna Windiani, SpA(K), dalam sebuah diskusi, di Kawasan Senayan, Jakarta. Trisna menjelaskan, stimulasi pijat dapat meningkatkan sekresi hormon serotonin yang berfungsi menekan hormon stres. Dari serotonin itu, bayi dapat merasakan rileks dan tidur dengan lelap.Tidak hanya dapat memberikan efek rileks pada bayi. Stimulasi pijat juga dipercaya dapat mempererat hubungan antara ibu dan anak. Namun dalam hal ini, ibu harus turun langsung untuk memijat sang anak dengan teratur.

“Sebaiknya pijatan dilakukan oleh orangtua sendiri. Agar menimbulkan kedekatan. Jadi jangan diwakili sama tukang pijat atau mba-mbanya,” papar Trisna.

Lebih lanjut Trisna menjelaskan, bahwa stimulasi pijat dipercaya dapat memperlancar sistem pencernaan dan sistem respirasi pada bayi, hingga peningkatan performa kognitif bayi.

“Ketika bayi stres, sirkulasi darahnya akan terganggu. Tetapi dengan stimulasi pijat, nadinya akan bagus, respirasinya akan bagus, aliran oksigennya bagus,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *