Sejarah Pijat Refleksi Modern (Reflexology)

Bagi Informasi Ini

Pelatihan Refleksi SPA dan Bahan SPA– Mungkin sudah banyak pembaca merasakan salah satu pijat yang sangat populer di tanah air. Ya, pijat refleksi, pijat yang kini merambah ke semua kota besar hingga kota-kota kecil, menjadi sebuah bisnis yang cukup menarik dan tentu saja menguntungkan bagi pemiliknya. Hampir disetiap mall, pusat perdagangan dan perkantoran sampai perumahan padat penduduk adausaha pijat refleksi.

Namun saya yakin masih banyak yang belum tahu sejarah perkembangan reflexology atau ilmu mengenai pijat refleksi. Siapa yang pertama kali memperkenalkan atau mengembangkan pijat refleksi yang selama ini kita kenal hingga ke seluruh penjuru dunia. Reflexology sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun lalu dijaman peradaban Mesir kuno, namun hingga abad 19 belum ada perkembangan yang berarti hingga seorang wanita bernama Eunice Ingham mengembangkan ilmu ini. Eunice Ingham lahir di South Dakota pada tahun 1889, seorang fisioterapis yang bekerja pada Dr Joe Shelby Riley.

Dr Riley merupakan kolega Dr Fitzgerald salah seorang ilmuwan yang telah mengenalkan Zona Therapy, sebuah teori yang menyatakan tubuh manusia terbagi beberapa zona dimana satu bagian tubuh terhubung dengan bagian tubuh yang lain. Eunice Ingham meneliti dan mengembangkan Terapi Zona pada tahun 1930- an. Meluangkan waktu berjam-jam setiap harinya untuk mencari hubungan setiap titik pada kaki dengan anatomi tubuh lainnya. Mulai mencoba pada kaki orang-orang lain menggunakan jempol dan jari-jari untuk menekan seperti orang memijat.

Dia yakin lewat treatment yang telah dilakukannya ada manfaat yang didapat, oleh karena itu Eunice berencana menulis sebuah buku dan akan keliling Amerika untuk mengenalkan hal ini lewat seminar kesehatan. Lewat perjalanan penelitian yang panjang akhirnya terbitlah buku pertama Eunice yang berjudul Stories The Feet Can Tell pada tahun 1938.

Eunice Ingham terus melakukan perjalanan dibelahan dunia lainnya untuk mengenalkan terapinya dalam seminar-seminar kesehatan, kepada praktisi kesehatan lainnya hingga beberapa tahun kemudian bergabung dengan saudaranya Dwight Byers dimana Dwight bertugas yang melakukan seminar pelatihan dan mendirikan International of Reflexology untuk melindungi hak tulisan original Eunice Ingham diseluruh dunia. unice Ingham meninggal dunia pada usia 85 tahun pada Desember 1974.

Seluruh hidupnya didedikasikan untuk membantu orang lain dan punya komitmen kuat untuk mengenalkan manfaat reflexology. Sebenarnya ada ahli lain yang turut mengembangkan reflexology, namun Eunice memang paling fenomenal mengembangkan ilmu reflexology modern seperti yang dikenal saat ini. Jadi sudah selayaknya beliau mendapat gelar kehormatan “Mother of Reflexology”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *