Relaksasi Spa Suara

Bagi Informasi Ini

Pelatihan SPA | Diklat SPA-Bagi masyarakat urban, hiruk-pikuk dan bising sudah menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Tak jarang, suasana berisik memicu stres dan emosi berlebihan. Untuk itulah, hadir konsep sbunga spapa baru dengan terapi suara untuk relaksasi.  Bayangkan suara kendaraan lalu lalang, pekikan klakson, dengungan mesin, dan lengkingan orang berbicara yang berbaur menjadi satu di telinga. Sadar atau tidak, keberadaan suara-suara tersebut memberikan pengaruh terhadap ketidakseimbangan dan ketidakharmonisan pikiran, tubuh, dan emosi. Jika terus terpapar bising, stres yang menumpuk dalam tubuh memicu penat.

Akibatnya, jiwa tidak lagi terasa segar dan emosi pun mudah terpancing. Jika sudah demikian, tentu jawabannya adalah relaksasi. Spa pun menjadi destinasi. Namun, spa yang seperti apa? Svarna Spa punya cara ampuh mengatasi kelelahan tubuh dan emosi dari kebisingan kota. Lewat konsep yang berbeda, spa yang terletak di Jalan Senopati No52, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan ini merupakan jenis spa suara yang memadukan tiga unsur dari atmosfer alami, terapi alami, dan musik alami.

Pemilihan batu, kayu, dan tanaman sebagai atmosfer elemen ruang menghiasi interior spa. Saat masuk, telinga dimanjakan dengan perpaduan musik alami dari suara gemericik air, rekaman suara alam seperti kicauan burung, bunyi jangkrik, dan desiran angin. Alunan menenangkan itu diselingi dengungan Tibetan Singing Bowldan dentingan chime bellsyang diyakini mampu membuat rileks dan menyelaraskan pikiran, tubuh, dan emosi.

“Svana dalam bahasa Sanskerta artinya suara. Jadi, spa di sini merupakan perpaduan serangkaian rawatan alami melalui suara dari atmosfer alam dan getaran dari Tibetan singing bowldan chime bells yang akan menyelaraskan gelombang tubuh dan membuat jiwa dan raga kita menjadi rileks dan seimbang,” tutur Manajer Svana Spa Susanti Syamsudin.

Teknik perawatan di Svana Spa memadukan jenis terapi alami tubuh, yaitu perpaduan terapi getaran dan suara. Di situ justru letak daya tarik Svana Spa yang mengandalkan sound journey massage, perpaduan teknik pijat dan terapi suara melalui getaran singing bowl. Teknik pijat ini dirancang khusus untuk memaksimalkan manfaat dari terapi suara. Susanti menuturkan, berbeda dengan spa pada umumnya yang menitikberatkan pada pijatan, di Svarna Spa, pijatan merupakan terapi lanjutan setelah suara.

Pertama, singing bowldiputar dan didengungkan mengelilingi tubuh, lalu “mangkuk bernyanyi”tersebut ditempel di punggung dan dibunyikan untuk mengirimkan getaran. Setelah itu, proses pijat pun dilakukan dengan menggunakan minyak khusus. Penggunaan singing bowltidak hanya di bagian punggung melainkan juga untuk kaki, telapak tangan, dan perut. Jenis perawatan spasound journey massage yang berguna untuk menyeimbangkan dan menyelaraskan gelombang tubuh ini dipatok seharga Rp470.000 dengan durasi 90 menit.

Terapi suara bukan hanya milik Svarna Spa. Singing bowljuga menjadi salah satu bagian perawatan di Etoile Spa yang memadukan kebaikan bunga teratai, pijat tradisional ala timur, serta mangkuk bernyanyi yang menghantarkan getaran dari kaki ke seluruh tubuh dan menghilangkan energi negatif yang menempel, lalu menggantikannya dengan energi positif lewat perawatan bernama The Eternal Beauty of Lotus.

Dalam sebuah seminar kecantikan, Dewi Tresya dari Dewi Sri Spa, menyebutkan bahwa spa dan terapi musik saling berkaitan. “Pada dasarnya, spa adalah tentang relaksasi. Pijatan, aroma, dan suasana yang menenangkan, ditambah irama musik yang membuai mampu merangsang pikiran untuk menjadi tenang,” papar Dewi. Adapun riset yang dilakukan beberapa lembaga independen menyebutkan, terapi musik mampu membangkitkan semangat, gairah, maupun menenangkan hati.

Pada umumnya, terapi musik dengan irama tenang digunakan untuk meringankan rasa takut, rasa sakit, melepaskan rasa tegang, dan menurunkan tekanan darah. Telah terbukti bahwa terapi musik mampu menghentikan produksi hormon-hormon stres seperti cortisol.

Selain itu, suara alam seperti gemericik air mengalir, deburan ombak, suara kicauan burung, hingga gemerisik dedaunan dipercaya dapat menentramkan hati. Terlebih, spa terapi musik tak hanya dapat dirasakan para wanita dan pria, juga dapat dirasakan ibu hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *