Pijat dan Senam Hamil : Cara Menikmati Masa Kehamilan

Bagi Informasi Ini

Pelatihan Teknik SPA Pasca Melahirkan (Nifas)

hamil-atas-35Saat mengetahui dirinya hamil, beberapa wanita kerap mengalami banyak kekhawatiran terhadap dirinya. Mulai dari gejala morning sickness yang menyerang, perubahan gaya hidup, fisik, gangguan hormon dan emosi, serta perubahan lainnya yang harus dialami saat hamil menjadi momok menakutkan bagi mereka.Menurut Clive Spence Jones, konsultan dan dokter kandungan di RS Whittington, London, Anda perlu mengatasi perasaan negatif, dan mengubahnya agar menjadi lebih positif. Dilansir dari sumber M&B UK, ada beberapa cara untuk mengatasi perasaan negatif dan membuat Anda lebih mudah menjalani kehamilan, seperti berikut.

1. Mengumpulkan Foto Kehamilan
Buat sebuah photobook sederhana yang berisi perkembangan kehamilan Anda akan membangkitkan kenangan Anda bersama pasangan pasca melahirkan nanti. Nikmati masa kehamilan Anda dengan mengumpulkan foto momen tak terlupakan saat hamil dan setiap perkembangan janin, termasuk foto perut buncit Anda atau hasil USG dan beri caption penting pada foto tersebut. Hal tersebut juga akan membantu menciptakan bonding dengan calon bayi Anda.

2. Menjaga Tubuh
Walaupun Anda sangat fokus pada kesehatan janin, jangan lupa untuk tetap peduli pada kondisi fisik Anda sendiri. “Jika Anda memerhatikan kondisi tubuh, Anda akan merasa lebih baik. Saat Anda merasa lelah, coba kurangi kegiatan yang kurang penting,” ungkap Dominique Antiglio, seorang ahli kehamilan dan persalinan di Inggris. Zita West, pakar kesuburan dari Inggris juga menyarankan bumil agar tetap meluangkan waktu untuk memanjakan dan merawat tubuhnya, dengan pijat atau senam hamil yang dapat membantu pelepasan endorfin Anda.

3. Membangun Bonding dengan Calon Bayi
Luangkan waktu Anda beberapa menit untuk membantu membangun ikatan Anda dengan sang calon bayi. Ketika sedang bersantai sendirian, tutup mata dan ambil napas dalam-dalam hingga Anda merasa nyaman. Bayangkan Si Kecil telah hadir bersama Anda dan nikmati waktu bersamanya. Hal tersebut akan membantu Anda membangun perasaan yang lebih positif.

4. Ekspresikan Perasaan
Maggie Howell, pendiri Natal Hypnotherapy di Inggris menyarankan ibu hamil agar meluangkan waktu seminggu sekali untuk menuliskan bagaimana perasaannya selama menjalani kehamilan. Ungkapkan setiap perubahan dan pemikiran Anda, atau mungkin salah satu hal yang Anda syukuri. Hal ini akan membuat Anda lebih menghargai apa yang dimiliki.

5. Mendengarkan musik
Musik tidak hanya baik bagi perkembangan janin, tetapi juga untuk sang ibu saat hamil. Pilih musik yang disukai dan membuat Anda tenang. Dengarkan musik pilihan Anda selama 10 menit dapat membantu Anda merasa nyaman dan rileks. Musik juga disebut dapat membantu Anda hadapi persalinan.

6. Kencan Romantis
Sebelum bayi Anda lahir, manfaatkan waktu yang Anda miliki berdua. Luangkan waktu untuk berkomunikasi dan menghabiskan waktu bersama di luar rumah berdua tanpa gangguan orang lain. Anda juga bisa melakukan perjalanan babymoon.

7. Pilih Sumber Terpercaya
Dengan begitu banyak informasi yang tersedia untuk Anda sebagai ibu baru, pilih sumber yang terpercaya. Gali pengetahuan Anda tentang kesehatan dan tips pengasuhan bayi dari sumber-sumber terpercaya, salah satunya website dan majalah Mother&Baby yang memberikan informasi terbaru seputar pengasuhan Si Kecil dan kesehatan ibu. (Aulia/DT/dok.M&B)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *