Pentingnya Sport Massage Bagi Atlet

Bagi Informasi Ini

pijat shiatsuPelatihan Massage and SPA| Sport Massage-Mungkin masih ada pembaca yang belum tahu apa itu sport massage, bahkan baru kali ini mendengar kata sport massage. Sebenarnya bukan barang baru, diluar negeri khususnya negara-negara maju, sudah jamak atlet-atlet olahraga prestasi menggunakan jasa sport massage untuk membantu meningkatkan prestasi mereka. Untuk tanah air sepertinya masih banyak atlet yang belum memanfaatkan jasa sport massage. Sport massage adalah salah satu metode fisioterapi dengan terapi pijat yang sudah dilakukan ribuan tahun lalu, dengan cara menstimulasi sirkulasi darah dan kelenjar getah bening. Banyak atlet baik pria maupun wanita melakukan terapi pijat ini untuk mengurangi ketegangan saraf dan membuat rileks pikiran sebelum menghadapi even olah raga yang penting.

Manfaat Sport Massage
Banyak manfaat dari sport massage ini, diantaranya adalah memperbaiki:

a. sistem saraf
Efek pijat pada saraf mampu memberi rangsangan dan meningkatkan aktivitas otot, pembuluh darah dan kelenjar yang diatur otot-otot tersebut.

b. sistem otot
Mampu mengendurkan dan meregangkan otot serta jaringan-jaringan lunak dalam tubuh, sehingga mengurangi ketegangan otot dan kram.

c. sistem rangka
Secara tidak langsung pijat menjadikan sistem rangka menjadi lebih kuat. Perbaikan sirkulasi darah dan getah bening diotot akan menghasilkan sirkulasi yang lebih baik pada tulang-tulang yang terkait.

Dan masih banyak manfaat lainnya seperti sistem pernafasan, kelenjar getah bening, pencernaan, reproduksi dan lainnya, akan sangat panjang jika diuraikan satu persatu, pada prinsipnya bermanfaat bagi semua sistem didalam tubuh.

Macam-macam Sport Massage

Pre-even Sport Massage
Pijat sebelum bertanding. Manfaat dari pijat sebelum bertanding adalah untuk menyegarkan otot, bukan membikin rileks. Otot perlu dilemaskan, dihangatkan dan disiapkan untuk bekerja sebelum bertanding. Diberikan 15-45 lima menit sebelum bertanding. Ini berguna untuk meningkatkan stamina, performa serta meminimalkan ketegangan otot sebelum pertandingan. Pijat dilakukan dengan kuat dan bersifat merangsang.

Post-even Sport Massage
Pijat setelah bertanding. Manfaat dari pijat pasca pertandingan adalah untuk memulihkan otot dari kelelahan. Menghilangkan ’sampah-sampah’ asam lactic dan endapan lain dari jaringan. Mempercepat waktu pemulihan dari tiga sampai empat hari hanya menjadi satu hari. Pijat dilakukan dengan lambat dan kuat untuk memperkuat efek membersihkan sampah dalam tubuh. Diberikan dalam waktu satu hingga dua jam.

Rehabilitative Sport Massage
Pijat untuk rehabilitasi. Biasanya diberikan untuk atlet yang mengalami cedera, untuk meringankan rasa sakit dan mengembalikan kebugaran tubuh. Mengingat banyak manfaat dari sport massage, sudah selayaknya program latihan olahraga prestasi memanfaatkan terapis sport massage untuk ikut berpartisipasi bersama dengan ahli-ahli lain agar bisa meningkatkan prestasi olahragawan. Salam sport massage!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *