Nikmatnya Spa Boreh, Bisa Bebaskan Tubuh dari Masuk Angin

Bagi Informasi Ini

Services-Traditional-Boreh-Treatment1Bagi kebanyakan orang spa adalah cara untuk melepas lelah dan stres setelah seharian bergelut dengan rutinitas, tapi ternyata spa juga bisa menghindarkan kita dari masuk angin dan sebagai pemulih badan setelah melahirkan. Untuk Anda yang sering mengalami masuk angin ada spa tradisional untuk membantu badan supaya tetap hangat, spa boreh. Ahli spa dari Villa Damar Hotel, Ati Samiati, menjelaskan, spa boreh memiliki khasiat yang baik untuk membuat tubuh hangat dan terjauh dari masuk angin. Menggunakan bahan-bahan tradisional, seperti kunir, lada hitam, lada putih, dan jahe, spa ini cukup diminati para pengunjung untuk melakukan rileksasi sekaligus proses pemulihan.”Di hotel, kami melayani berbagai macam spa. Ada spa tradisional, spa scrubbing, dan lainnya tapi yang paling diminati itu boreh, karena boreh itu seperti pengobatan tradisional untuk menghilangkan masuk angin dan pegal setelah melahirkan,” ujar Ati saat ditemui di lokasi hotel, Sabtu, 16 Januari 2016.

Spa boreh, menurut Ati, tidak hanya berasal dari Jawa Barat, tapi juga dari daerah lain, seperti Jawa Tengah dan Bali. Spa boreh masing-masing daerah biasanya memiliki ciri khas sendiri. Yang membedakan hanya penggunaan bahan pembuat lulur dan pemberian pelembap untuk menetralisasi tingkat kehangatan pada kulit.

“Biasanya ada beberapa spa yang hanya melakukan boreh tanpa ditutup dengan proses pelembapan kulit. Jadi setelah diboreh langsung mandi ada, tapi ada juga yang dilembapkan dulu supaya tingkat kehangatan di kulit tidak terlalu panas,” ujar Ati.

Spa boreh menghabiskan waktu 60-90 menit. Dimulai dengan pijat pemanasan agar tubuh tidak mengalami kaget atau kejang saat dilakukan pijat tradisional. Lalu dilanjutkan dengan pijat tradisional ala Swedia. Setelah pijat selesai, tubuh dibalut dengan lulur boreh selama beberapa menit agar panas meresap ke dalam kulit.

Setelah selesai tubuh dibersihkan dengan handuk basah, lalu dilumuri dengan parutan buah seperti ketimun dan bengkoang. Hal tersebut dilakukan untuk mengembalikan kelembapan kulit dan menetralisasi rasa hangat yang terlalu tinggi. Setelah itu tubuh dibersihkan dengan mandi.

“Kebanyakan kalau sekarang banyak pelanggan yang pengen cepet ya, jadinya gak pakai proses pelembapan, setelah lulur langsung mandi. Tidak masalah tapi alangkah lebih baik jika dilakukan dengan seluruh rangkaian. Biasanya untuk yang baru melahirkan juga bagus buat kulit,” ujar Ati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *