Mengenal Hamam, Ritual Spa Khas Turki

Bagi Informasi Ini

Pelatihan SPA | KURSUS SPA –

hamamBagi masyarakat Turki, mandi uap bisa dibilang adalah ritual. Aktivitas satu ini biasa dilakukan dalam ruangan mandi yang disebut Hamam. Ritual ini sangat terkenal hingga banyak diadaptasi oleh negara-negara di Eropa. Rumah mandi Turki atau Hamam memainkan peran penting dalam sejarah budaya Timur Tengah. Menggabungkan tradisi spiritual dan ritual pembersihan diri dengan pertemuan sosial dan pertukaran budaya. Awalnya, ritual pembersihan yang merupakan bagian dari aktivitas mandi di Turki dilakukan sebelum beribadah ke masjid. Sehingga, seorang muslim sudah dalam keadaan bersih sebelum melakukan solat dan ibadah lainnya dalam masjid. Kemudian ritual mandi berkembang dan dikenal di seluruh dunia karena kemegahan interior ruangan mandi yang dibuat di era pemerintahan Sulaiman.

Arsitektur Hamam di Turki saat itu telah menjadi karya seni ternama. Hamam terbaik berada di Istanbul, bernama Cemberlitas Hamami, yang dibangun pada tahun 1584. Ruangan mandi berbentuk kubah ini, memiliki interior yang dihiasi marmer berkualitas tinggi serta mozaik indah.

Pemandian ala Hamam ini biasanya memiliki tiga ruangan yang saling berhubungan. Pertama, ruangan Sucaklik, yaitu ruang yang menyerap panas dan mengeluarkan uap. Lalu ruangan kedua yaitu Tepidarium, tempat untuk mandi dan pijat. Lalu yang ketiga adalah ruangan Sogukluk yaitu tempat relaksasi dan ruang ganti tempat teh dan jus disajikan. Beberapa Hamam juga menyediakan ruangan untuk beristirahat sejenak bahkan tidur siang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *