Melihat Gaya TKI Terapi Spa di Moskow Rayakan Hut ke-69 RI

Bagi Informasi Ini

Pelatihan SPA | Diklat SPA-Salah satu kemeriahan HUT RI ke-69 di Moskow adalah kehadiran 200-an TKI terapi spa yang umumnya berasal dari Bali. Mereka menggunakan pakaian daerah walau suhu melorot hingga 10 derajat Celcius. Saat ini memang orang Rusia sedang gandrung spa Indonesia. Di bawah bendera perusahaan Simkrasok, bisnis ini merambah ke lebih 4 kota besar dengan pemijat kisaran 300 wanita dari Bali. Satya, wanita tengah baya asal Bali misalnya, mengaku telah berada di Rusia lebih dari 8 tahun. Ia kerasan-kerasan saja karena tiap bulan bisa menabung minimal USD 1000.pijat shiatsu“Kami di sini aman semua karena legal. Perusahaan juga mengurusi makanan, kesehatan hingga uang liburan. Yang penting kami kerja keras dan jujur,” tukasnya.

Semua teman-temannya juga mengaku tidak memiliki masalah. Tantangan yang ada hanyalah musim dingin yang kadang bisa sampai minus 30 derajat Celcius.

Karena banyak duit, maka hampir semua TKI spa disana memiliki gadget yang top. Minimal menggenggam Iphone 4 dan rata-rata memakai Iphone 5. Bahkan tidak sedikit yang kemana-mana menenteng iPad retina display.

“Kami beli semua ini di Rusia untuk komunikasi. Harga gadget yang rata-rata dibeli mulai dari Rp 8 juta hingga Rp 16 juta. Pokoknya kami senang di Rusia ini,” ujarnya yang diamini semua temannya.

Dalam kesempatan pertemuan di taman KBRI Moskow itu, wakil dari Kemlu, MA. Soerya menggarisbawahi bahwa semua TKI harus berhati-hati dalam menggunakan uang. Harus ada rencana investasi di Indonesia, baik untuk usaha atau pendidikan.

Sementara itu, Dubes RI untuk Rusia, Djauhari Oratmangun juga mengingatkan agar mereka tidak berfoya-foya. Selain itu setiap TKI harus mentaati aturan setempat dan senantiasa berkomunikasi dengan staf KBRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *