Manfaat Pijatan pada Ibu Hamil

Bagi Informasi Ini

Perempuan hamil tidak hanya menghadapi perubahan fisik yang kentara. Perubahan emosional juga bagian yang harus dihadapi oleh perempuan hamil. Salah satu cara untuk menikmati kehamilan adalah dengan melakukan upaya atau cara untuk bersantai. Perempuan hamil yang rileks umumnya akan menjalani kehamilannya dengan lebih bahagia pula dan membawa dampak yang baik bagi bayi di perutnya.  Pijat hamil merupakan salah satu cara bagi perempuan hamil untuk bersantai. USA Pregnancy Massage Expert, Leslie Stager, mengatakan pijat bisa dilakukan sejak sebelum hamil, saat hamil bahkan saat dan setelah melahirkan.

Pijat ini memiliki banyak manfaat. Manfaat utama adalah untuk relaksasi bagi si ibu hamil. “Pijat ibu hamil bisa menghilangkan stress atau perasaan tidak nyaman dan tertekan saat hamil,” ujarnya.

Pijat ibu hamil ini, lanjut Leslie, juga bisa memperlancar peredaran darah terutama pada bagian kaki yang memang menahan beban berat karena perut ibu hamil yang semakin membesar.

“Pijat ibu hamil juga bisa mengurangi bengkak dan kram pada kaki,” ujarnya.

Selain itu, pijat ibu hamil juga mengurangi pegal yang juga disebabkan oleh beban perut bumil yaitu pegal bagian punggung, pinggang dan panggul. Serta bisa meringankan keluhan pegal pada bagian leher, pundak dan dada ibu hamil yang bertambah besar.

Bahkan pijat ibu hamil, menurut Leslie, bisa mengurangi rasa sakit pada bagian kepala.

Tak hanya itu, pijat ibu hamil bermanfaat merangsang produksi hormon prolaktin dan obsitoksin. Hormon yang berguna untuk produksi ASI dan membuat bayi merasa nyaman di rahim ibu.

“Tidak hanya otot yang mendapatkan efeknya, tapi juga hormon,” tambahnya.

Manfaat pijat pada perempuan hamil berlanjut. Ayah bayi ternyata bisa memetik manfaat dari pijatan ini. Pijatan yang dilakukan ayah ke ibu hamil akan membentuk ikatan antara ibu, bayi, dan ayah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *