Manfaat Baby Spa Bagi Kesehatan dan Pertumbuhan si Bayi

Bagi Informasi Ini

32b4e67c987a6793ffeea4be323d8ceb_630x420_thumbPerawatan tubuh atau spa tak hanya dilakukan oleh orang dewasa. Beberapa tahun terakhir ini, spa untuk bayi atau baby spa juga mulai ramai di masyarakat. Tak hanya sekedar life style, baby spa ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan si kecil.Terapis Rafa Center Umriatun Hasanah mengatakan baby spa bisa dilakukan oleh bayi berusia tiga bulan hingga 2 tahun. Treatment yang menghabiskan waktu sekitar satu jam ini bisa dilakukan rutin sebulan sekali. “Treatment baby spa dimulai dengan massage atau pijat selama 45 menit,” ujarnya ketika ditemui di Rafa Center Jalan HZ Mustofa Nomor 343 Kota Tasikmalaya Jumat (22/7).Menurut wanita yang akrab disapa Umri ini, ada banyak jenis pijatan yang diberikan kepada bayi dan dilakukan dari ujung rambut sampai ujung kaki selama spa. “Massage ini dilakukan di ruangan mirip kamar bayi agar bayi merasa nyaman dan seperti berada di kamarnya sendiri,” ungkapnya.

Untuk pemijatan, terapis menggunakan minyak telon atau kayu putih. Selanjutnya bayi akan dimasukan ke dalam kolam khusus untuk berenang selama 15 menit, dengan mengenakan alat pengaman seperti neck ring.

“Air yang digunakan yakni air hangat dengan tambahan bola berwarna-warni di atasnya sehingga bayi merasa sedang bermain-main,” jelasnya.

Saat berenang ini biasanya bayi merasa senang karena ia bisa bermain air. Setelah itu bayi dimandikan dan diolesi minyak telon atau minyak kayu putih kemudian dipakaikan baju yang bersih dan hangat.

Seluruh rangkaian ini dilakukan oleh terapis profesional sehingga tidak terjadi cedera ataupun kesalahan yang berakibat fatal. “Pijatan lembut pada baby spa dapat membuat tubuh bayi melepaskan hormon endorfin dan oksitosin yang berguna agar tubuh bayi menjadi ringan, rileks dan nyaman,” terang dia.

Terapi baby spa bermanfaat melancarkan peredaran darah bayi. Gerakan-gerakan alami tanpa tekanan ketika berada di dalam air akan membuat si kecil terhindar dari stres, selalu ceria dan bebas melakukan atraksi uniknya. “Hal ini dapat melancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan jantungnya,” tuturnya.

Baby spa juga dapat meningkatkan kualitas tidur bayi dan menstimulasi jaringan otot menjadi lebih lentur, kuat dan sehat sehingga bayi terhindar dari kejang otot, nyeri pada daerah persendian dan segala bentuk pegal-pegal.

“Kondisi ini dapat membuat bayi cepat tertidur pulas dan tidak mudah rewel, sehingga pola tidur bayi yang diharuskan bisa tercapai,” katanya.

Setelah baby spa, bayi juga akan merasakan pencernaannya sehat dan lancar buang air besar. Kondisi ini akan membuat nafsu makannya meningkat. Manfaat lainnya yakni meningkatkan kualitas daya tanggap bayi, memperbaiki sistem pernafasan bayi, menurunkan kadar hormogen adrenalin, membuat bayi aktif bergerak dan mempercepat pertumbuhan tulang. (na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *