Madu untuk Bayi Bagus kah?

Bagi Informasi Ini

31082013_maduMadu memang diketahui memiliki berbagai khasiat bagi kesehatan. Karenanya, tak jarang ada orangtua yang memberikan madu pada bayinya dengan maksud agar semakin sehat. Padahal bayi akan sakit bila diberi madu.Menurut dr. Martinus M. Leman, DTMH, SpA dari RS Siloam TB Simatupang, Jakarta Selatan, sesungguhnya pemberian madu bagi bayi berusia di bawah 1 tahun tidak dianjurkan. Ini karena memiliki risiko masuknya spora dari kuman Clostridium botulinum dan dapat berakibat gangguan saraf yang berat.Bakteri ini dapat mengeluarkan racun yang bisa membahayakan bayi (infant botulism). Pasalnya, pada usia di bawah 1 tahun, saluran cerna belum sempurna sehingga tidak dapat “menahan”dampak dari spora ini.

Ini berbeda dengan orang dewasa yang mampu mengatasi bakteri Clostridium botulinum sehingga tidak akan terjadi pembentukan racun yang berbahaya. Namun sistem pencernaan bayi belum mampu untuk itu.

Racun ini dapat menyebabkan kelumpuhan pada otot hingga dampak fatal lainnya. Gejala infant botulism antara lain, bayi tidak bisa pup, lengan dan kaki lunglai, menangis lemah, serta tidak kuat menyusu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *