Lancarkan ASI dengan Back Massage

Bagi Informasi Ini

Pelatihan SPA untuk Persiapan Lancar Melahirkan dan Menyusui

ASIHormon oksitosin atau sering disebut hormon kasih sayang ini dapat memperngaruhi kelancaran produksi air susu ibu (ASI). Oleh sebab itu, tanpa hormon kasih sayang ini, bayi akan kesulitan menyusu karena tidak lancaranya produksi ASI si ibu. Untuk membangkitkan hormon tersebut, dapat dilakukan back massage. Dimana, back massage ini adalah pijat oksitosin yang dilakukan oleh suami terhadap istri yang sedang menyusui karena kedua pasangan diyakini dapat membangkitkan kerja hormon oksitosin.

Dokter spesialis anak dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) Jeane-Roos Tikoalu, Jakarta, Selasa (21/4/2015) menjelaskan bahwa pijat oksitosin yang dilakukan oleh suami, berupa back massage pada punggung ibu menyusui, untuk meningkatkan pengeluaran hormon oksitosin. Dengan pijatan ini, ibu menyusui akan merasa lebih rileks dan disayangi.

Namun, lanjut Jeane, perlu diperhatiakn bahwa pijat oksitosin ini hanya boleh dilakukan setelah ibu memasuki masa menyusui. Karena, apabila dilakukan saat sedang hamil, back massage dapat menyebabkan terjadinya kontraksi.

Jeane menuturkan, pijat oksitosin harus dilakukan dengan penuh kasih saying agar produksi ASI-nya lancar. Tapi, lanjut Jeane, ada baiknya agar berkonsultasi terlebih dengan konselor ASI mengenai gerakan pijat oksitosin ini, supaya hasilnya maksimal.(rika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *