Ini yang Membedakan Spa di Indonesia dan Luar Negeri

Bagi Informasi Ini

Swedish_MassageHampir semua wanita suka pergi spa ke salon untuk merilekskan tubuh. Ketika pergi spa umumnya Anda akan disambut dengan terapis yang ramah. Kemudian Anda akan diminta untuk jenis spa yang diinginkan. Menurut pewaris bisnis kosmetik terkemuka Martha Tilaar Group, Wulan Tilaar, hal itu terjadi hanya di Indonesia. Di luar negeri khususnya Eropa atau negara bagian barat pelayanannya akan terasa berbeda dari spa di Indonesia. Apa yang membedakan?Sebagai pebisnis kecantikan yang juga fokus di bidang spa, Wulan mengatakan bahwa perbedaan sangat terasa di keahlian terapisnya. Indonesia kental akan budaya dan terkenal dengan kesopanan serta keramahannya saat di rumah spa. Berbeda dengan negara-negara di bagian barat yang lebih individual dan kurang memperhatikan sikap ke para pelanggannya.

“Kuncinya di terapis, spa di Indonesia terkenal dengan keahlian terapisnya, bagaimana terapis memahami teknik massage karena spa itu harus memanjakan lima panca indera kita sekaligus. Belum lagi sopan dan ramah-tamahnya itu juga yang paling membedakan dan menentukan karena biasanya kalau di Eropa terapisnya nggak seperti di Indonesia. Mereka lebih kerja ya kerja, tidak ada pelayanan khusus, pijat ya pijat. Nggak ada rasa cinta juga nggak enak rasanya,” jelas Wulan saat berbincang di Roemah Martha Tilaar, Gombong, Kebumen, Jawa Tengah Sabtu (19/9/2015).

Selain itu, terapis di Indonesia lebih menguasai ilmu memijat dibanding di Eropa karena biasanya sebelum terjun langsung menghadapi klien mereka akan diberikan pembekalan terlebih dahulu. Sayangnya, spa di Indonesia masih kurang maju dari negara-negara dunia dari segi teknologinya.

Indonesia masih mengedepankan spa tradisional. Namun menurut Wulan tak menutup kemungkinan spa tradisional Indonesia bisa mendunia. Bahkan wanita lulusan College of Mount. St Joseph, Amerika, itu berencana akan membuat terobosan terbaru dengan memiliki beragam jenis spa khas daerah di dalam satu rumah kecantikan.

“Kedepannya saya berencana ingin membuat the authentic spa experience, di mana para wanita bisa mencoba sembilan treatment khas daerah Indonesia,” ujar wanita 37 tahun itu.

Wulan menambahkan, Indonesia lebih dikenal di dunia akan keragaman budayanya. Hal tersebut mempengaruhi jenis spa setiap daerah. Spa yang paling populer menurut ibu dua anak itu berasal dari Bali. Sementara di Asia, spa yang paling bersaing dengan Tanah Air adalah Thailand. Spa tradisional Thailand diminati karena unik dan berciri khas. Untuk menghadapi persaingan dunia, Wulan berencana akan terus mengembangkan produk hingga pelayanan spa Indonesia agar bisa semakin populer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *