Ini Manfaat Mandi Bagi Bayi

Bagi Informasi Ini

Pelatihan SPA | Jadwal Pelatihan SPA 2015

bayi-mandi-ilustrasi-republikaBagi ibu baru memandikan bayi adalah pengalaman yang menyenangkan, sekaligus menegangkan. Bayi memang perlu mandi untuk membersihkan bakteri yang ada di tubuhnya.Mandi juga merupakan salah satu cara untuk menjalin ikatan dengan si kecil. Inilah beberapa manfaat mandi bagi bayi, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com. Hal yang paling penting Anda harus menggunakan produk khusus bayi saat memandikannya. Jangan memandikan si kecil dengan sabun yang biasa Anda gunakan. Produk bayi lebih aman karena kandungan bahan kimianya rendah.

Idealnya bayi dimandikan satu kali sehari. Tapi untuk menjaga bayi Anda tetap bersih, Anda boleh memandikannya 2 kali sehari. Saat bayi demam lebih sebaiknya tidak dimandikan dengan air dingin karena dingin membuat tubuh bayi mengeluarkan panas tubuh lebih banyak.

Manfaat kesehatan

Mandi bagi bayi adalah ritual yang penting untuk membuat kulitnya halus dan bersih. Kulit bayi sangat rapuh dan Anda perlu melindunginya dengan sabun yang dibuat khusus untuk kulit bayi.

Selama mandi periksa tubuh bayi untuk mengetahui apakah timbul ruam atau kulit kering. Sambil mandi pijat lengan dan kaki si kecil karena akan meningkatkan sirkulasi darah.

Jangan lupa membersihkan setiap daerah lipatan seperti leher, di belakang telinga, ketiak, dan daerah selangkangan karena di daerah itu bakteri banyak berkumpil. Gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan bayi supaya kulitnya tidak tergores.

Manfaat psikologis

Ketika Anda memandikan bayi, ada ikatan akan terjalin saat Anda menyentuh kulitnya. Ada interaksi positif saat memandang mata dan menyentuh kulit bayi. Bayi Anda akan memahami pentingnya menjadi seorang manusia dengan melihat Anda, ini disebut teori bayangan cermin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *