Hai Bunda, Yuk Lakukan Senam Otak Bayi untuk Tingkatkan Kecerdasan si Kecil

Bagi Informasi Ini

baby brain gymPelatihan SPA | Baby SPA | Mom and Baby SPA| Senam Otak Bayi-Selain nutrisi yang mencukupi, stimulasi dibutuhkan untuk menunjang kecerdasan otak si kecil. Nah, salah satu cara simpel yang bisa dilakukan para bunda yakni dengan memberi senam otak pada si kecil.Dijelaskan Joko Santoso S.Ft, fisioterapis di Gaya Spa&Wellness, senam otak yang dimaksud di sini yakni memberi pijatan pada area wajah dan sekitarnya serta tangan dan kepala untuk memperlancar aliran darah ke otak.”Dengan lancarnya aliran darah ke otak yang merupakan sistem pusat tubuh kita, suplai oksigen akan lebih banyak sehingga diharapkan bisa membantu anak menjadi lebih cerdas, terampil, dan kreatif,” tutur oko di Gaya Spa&Wellness, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (30/9/2014).
Lulusan jurusan fisioterapi Universitas Esa Unggul ini menambahkan, senam otak merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya kerja otak. Dengan melakukan gerakan senam, sistem otak bisa menjadi lebih rileks. Sejak usia 3 bulan, menurut Joko sudah bayi bisa diajak melakukan senam otak. Sebab, pada usia ini, otot tubuh bayi sudah semakin kuat melakukan gerakan senam. Bahkan, dikatakan Joko, ibu juga bisa kok melatih otak bayi sejak di kandungan, misalkan dengan mengisi teka-teki atau mendengarkan musik.

Lebih lanjut, Joko memaparkan sejumlah manfaat senam otak bagi si kecil. Di antaranya mengoptimalkan kemampuan otak anak; membentuk kepribadian yang baik dan rileks; anak cenderung terhindari dari stres; daya ingat tinggi; mudah konsentrasi; dan bisa menangkap pelajaran dgn baik,

“Anak juga bisa tumbuh pede dan terhindar dari disleksia (sulit bicara, menulis, dan membaca) serta dispraksia. Intinya dengan senam otak kita lancarkan aliran darah ke otak, suplai oksigen bertambah hingga kecerdasan anak terbantu optimal,” terang Joko.

Ia menambahkan, senam otak bisa dilakukan setiap hari atau minimal seminggu sekali sejak anak berusia 3 bulan sampai empat tahun. Untuk membuat si kecil lebih nyaman, bisa digunakan baby oil. Biasanya, dibutuhkan waktu 10 menit bagi ibu untuk memberi senam otak bagi si kecil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *