Deteksi Dini Beragam Penyakit Lewat Kaki

Bagi Informasi Ini

fish spaAda satu nasihat penting yang perlu diingat, yaitu jangan pernah abaikan kondisi kaki. Para ahli mengatakan bahwa kondisi tertentu dari kaki bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan.Vascular Disease Foundation dan PAD Coalition menyarankan, agar orang-orang lebih peduli terhadap kondisi kaki dan mewaspadai tanda-tanda gangguan kesehatan yang muncul dari kaki.Seperti dilansir laman Boldsky, berikut ciri-ciri kaki jika kesehatan seseorang sedang bermasalah. Jari kaki yang berubah warna jadi merah, putih, atau biru biasanya merupakan gejala penyakit raynaud, penyakit penyempitan pembuluh darah karena perubahan iklim atau masalah kesehatan lainnya.Kaki terasa dingin menunjukkan adanya masalah sirkulasi darah. Ini bisa terjadi pada para perokok, gejala anemia, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung. Jika Anda termasuk penderita diabetes, gejala ini bisa menunjukkan kerusakan sistem saraf. Konsultasikan dengan dokter dan cari tahu alasan di balik kaki yang dingin.

Gatal di kaki bisa terjadi antara lain karena infeksi jamur. Gatal-gatal muncul sebagai akibat reaksi kimia. Tapi gatal kaki juga bisa disebabkan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh.

Kaki atau jari-jari bagian ujung yang tidak berbulu bisa jadi penanda buruknya sirkulasi darah ke kaki. Pada beberapa kasus, penyakit jantung juga bisa membuat rambut kaki rontok.

Ketika jantung kehilangan kemampuan memompa darah, bagian tubuh paling ujung seperti jari-jari kaki sulit kebagian darah. Kondisi ini terjadi karena penyumbatan arteri (asterosklerosis). Darah pun dialirkan ke bagian tubuh lainnya.

Kram tiba-tiba di bagian telapak kaki terjadi karena kontraksi otot, yang dapat dipicu terlalu keras berolahraga atau dehidrasi. Bisa juga muncul karena kurang kalsium, kalium, atau magnesium. Wanita hamil pada trimester ketiga juga rentan kram karena peningkatan volume darah dan adanya pengurangan sirkulasi darah ke kaki.

Bentuk kuku kaki yang aneh, berdasar penelitian tim Vascular Disease Foundation dan PAD Coalition, merupakan salah satu gejala anemia (kekurangan zat besi). Kuku penderita anemia tidak berbentuk standar, sering ditemui seperti sendok hingga ke pangkal kuku, terutama pada kasus anemia sedang hingga parah.

Kondisi tersebut disebabkan jumlah hemoglobin dan protein kaya zat-besi sel-sel pada darah yang mengangkut oksigen, tidak cukup. Pendarahan dalam atau menstruasi yang tidak lancar juga dapat memicu anemia. (rey)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *