Cara Mudah Melakukan Baby Spa Sendiri di Rumah

Bagi Informasi Ini

Pelatihan SPA Bayi | Baby SPA | Baby Massage –Saat mendengar kata baby spa, mungkin kamu akan langsung berpikir perawatan dan pemijatan khusus untuk bayi yang harus dilakukan di tempat-tempat khusus baby spa. Wah, pemikiran ini belum tentu benar, Bu. Baby spa merupakan salah satu cara memijat bayi yang berfungsi untuk menstimulasi anak. Menurut praktisi Neurosains Terapan, Anne Gracia, jika mengerti caranya, kamu bisa melakukan baby spa sendiri di rumah, nggak perlu memakan waktu lama, dan pastinya nggak harus mengeluarkan biaya besar. Apa saja langkah mudah baby spa yang bisa kamu lakukan di rumah.

baby-spa-5jpgLangkah 1: Pijat Sendiri

Suka mengajak bayi ke tempat baby spa untuk melakukan pemijatan atau justru membawanya ke orang yang bisa memijat bayi secara tradisional? Daripada kamu melakukan hal tersebut, lebih baik kamu memijatnya sendiri di rumah. Dengan melakukan pemijatan yang benar, kamu akan menstimulasi kematangan saraf bayi untuk mendukung proses tumbuh kembangnya. Saat memijat, jangan lupa berikan sedikit tekanan pada bayi agar kulit, otot, dan sarafnya juga terstimulasi. Hal ini berfungsi untuk memberikan efek relaksasi, melancarkan peredaran darah, dan peredaran limpa atau getah bening.

Bagian tubuh bayi yang wajib mendapat pijatan adalah tengkuk bagian bawah agar kuat saat mengangkat leher, alis untuk kesehatan mata, bagian bawah telinga agar otot rahangnya bekerja dengan baik yang berfungsi untuk kecakapannya berbicara dan makan, serta bagian dada dan perut untuk menstimulasi jantung dan sistem pencernaannya.

Langkah 2: Memandikan Bayi

Saat si kecil mandi, sebisa mungkin kegiatan ini dilakukan sendiri oleh sang ibu. Selain bertujuan untuk membersihkan bayi dan memberikan efek segar, mandi juga merupakan salah satu langkah baby spa mudah yang bisa dilakukan di rumah. Ketika memandikan bayi, jangan lupa untuk tetap melakukan usapan dan pijatan ringan ke seluruh tubuhnya agar tetap terstimulasi. Menurut para neurosains, waktu mandi akan memberikan suasana ayunan air seperti yang dirasakannya di dalam rahim. Mandi yang disertai dengan stimulasi ringan pada bayi bermanfaat untuk mempertahankan sensitivitas vestibular atau kemampuan keseimbangan. Selain itu, pembuluh darah bayi juga akan ikut terstimulus karena terjadi perubahan suhu di luar dan dalam tubuh bayinya yang akan merangsang pembuluh darah kapiler.

Langkah 3: Pakai Perawatan Tubuh

Setelah mandi, bayi biasanya memiliki “peralatan tempur” yang terdiri dari berbagai produk perawatan tubuh, seperti minyak telon, krim untuk mencegah kulit ruam, dan bedak. Nah, saat memakaikan berbagai produk perawatan tubuh ini, jangan asal dipakaikan ke bayi tapi tetap sambil lakukan stimulasi pada tubuhnya. Caranya dengan mengulang gerakan pijat yang sebelumnya sudah kamu lakukan, tapi dengan intensitas tekanan yang lebih ringan. Pijatan paling utama adalah di bagian dada dan perut yang berguna untuk perkembangan jantung dal saluran pencernaannya. Sekedar tips, saat memakaikan bedak ke anak, jangan sampai debu bedak terhirup olehnya karena akan menganggu saluran pernapasan. Tepuk-tepuk dulu bedak jauh dari tempat bayi berada hingga debunya hilang, baru usapkan bedak di badan dan wajahnya.

Langkah 4: Harum dan Sehat

Sejak masih bayi, si kecil biasanya sudah memakai hair lotion dan body lotion untuk merawat rambu dan kulitnya. Saat memakaikan kedua produk ini, kamu juga bisa sambil memberikan stimulasi pada bayi. Khususnya saat memakaikan hair lotion, dengan lembut dan penuh kasih sayang kamu bisa mengusap-usap kepalanya. Wangi dari hair dan body lotion ternyata merupakan stimulus olfaktori atau indera penciuman, yang berguna bagi area pengendali emosi di otak. Jadi, wangi yang tercium oleh bayi akan menstimulasi saraf-saraf di otak dan membantu bekerja mengatur keseimbangan tubuh dan emosi.

Saat melakukan baby spa di rumah, intinya adalah kamu melakukan kegiatan skin to skin dengan penuh kasih sayang pada anak. Mungkin saja, perasaan sayang yang didapat oleh bayi darimu nggak akan didapatkannya saat melakukan perawatan baby spa di luar rumah. Jadi, intinya adalah pijat bayimu dengan rasa sayang sehingga selain tubuhnya akan mendapatkan stimulus, hubunganmu dengan bayi juga akan semakin dekat. Selamat ber-baby spa, Bu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *