Ben Kenalkan Inovasi SPA Antisipasi Karhutla ke Presiden RI

Bagi Informasi Ini

 

Ben Kenalkan Inovasi SPA Antisipasi Karhutla ke Presiden RI

royal-kirana-1

Pelatihan SPA – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat memperkenalkan inovasi sistem penyediaan air (SPA) untuk penanggulangan karhutla kepada Presiden RI Joko Widodo dan jajaran terkait saat berkunjung ke Desa Bentuk Jaya, Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kamis (9/7) lalu. Inovasi itu diyakini mampu mengatasi karhutla dengan lebih efektif.

Menurut Ben, SPA berjalan dengan kontruksi sederhana sumur bor dangkal, kolam penampungan sederhana, dan konfigurasi sumur bor serta embung. ”Dengan SPA ini, biaya lebih murah, juga efektif dan efisien dalam penanganan Karhutla,” ungkap Ben Brahim S Bahat.

Bupati Kapuas dua periode ini menjelaskan, secara realita, upaya pemadaman karhutla seperti water boming, sekat kanal, dan hujan buatan tidak efektif dan efisien. Makanya diusulkan konstruksi sederhana yang diyakini lebih efektif dan efisien.
”Sumur bor dangkal dengan menggunakan tenaga angin dan kolam (embung), penampungan air sederhana untuk menampung air yang mengalir dari sumur bor dangkal dan secara terus-menerus selama ada angin,” beber mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalteng ini.

Ben menjelaskan, konsepnya, petakan titik rawan karhutla dan dibangun SPA, sehingga ketersediaan air akan ada ketika musim kemarau mapun terjadi karhutla. Selama ini, penanganan karhutla terkendala kesulitan air, apalagi lokasinya yang sulit ditempuh dengan armada kebakaran.

”Fungsi lain dari sistem ini, juga dapat dimanfaatkan untuk kolam ikan, pertanian, rekreasi, dan lainnya karena satu SPA bisa mengisi lebih dari satu embung,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


9 − = 8

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>