Begini Cara Aman dan Benar Memijat Ibu Hamil

Bagi Informasi Ini

231644_ilustrasi-ibu-hamil-dan-suami_663_382Pelatihan SPA - Setiap perempuan hamil tentu merasakan yang namanya pegal-pegal. Maka tak heran jika para ibu hamil memilih untuk melakukan pijatan. Melansir WebMd, penelitian dari University of Miami School of Medicine , pijat saat hamil bermanfaat untuk menurunkan kecemasan, mencegah rasa sakit pada kaki, bantu tidur lebih baik, dan menurunkan tingkat hormon stres. Begitu pun yang dijelaskan dengan, Head of Sales Marketing Gaya Spa, Yuliana, manfaat hamil memang dapat menghilangkan rasa pegal dan dapat melahirkan secara normal. “Semakin besar perut ibu hamil, tentu semakin pegal. Pijatan menjadi salah satu hal untuk menghilangkan pegal,” ujarnya saat ditemui di Gaya Spa, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Walaupun banyak manfaat yang didapatkan dari memijat saat hamil, para perempuan hamil pun harus lebih hati-hati. Ada beberapa hal yang diperhatikan seperti disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk pijat.

Meski tak semua dokter menyarankan pijat selama kehamilan, menurut American Pregnancy Association, selama memilih terapis pijat hamil yang bersertifikat maka akan aman-aman saja.

Mary Rosser, MD, PhD, dokter kandungan dari Montefiore Medical Center di Bronx, New York, selalu merekomendasikan terapis pijat berkualitas kepada pasiennya. Yang terpenting, pijat tidak dilakukan selama trimester pertama karena berpotensi keguguran.

“Banyak orang tidak nyaman pada trimester pertama, mereka mengeluh tidak enak badan. Tapi trimester pertama sangatlah berisiko karena ini masa terbentuknya janin,” ujar Rosser dikutip dari Parents.

Yuliana pun mengatakan, melakukan pijatan saat hamil memang cukup merepotkan. Untuk itu, sebaiknya memilih pijatan khusus untuk ibu hamil dengan terapis berpengalaman sepeti di Gaya Spa.

“Bisanya gaya posisi ibu hamil ingin dipijat ialah posisi miring. Di Gaya Spa pun tidak sembarangan orang bisa memijat ibu hamil, harus ada terapis yang sudah terlatih,” paparnya.

Menurutnya, pijatan hamil bisa dilakukan ketika usia kandungan empat bulan keatas. Dengan lama pijatan 1,5 jam yang dapat dilakukan satu bulan dua kali.

(vem/asp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


− 1 = 5

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>