Bawang Merah Plus Minyak Telon Bisa Atasi Kembung Bayi? Ini Kata Dokter

Bagi Informasi Ini

baby-massagePelatihan SPA BAYI | Pelatihan MOM BABY SPA -Perut kembung bisa dialami siapa saja, tidak terkecuali oleh bayi. Saat perutnya kembung, bisa jadi bayi akan rewel dan susah tidur. Terkadang campuran bawang merah tumbuk plus minyak telon dioleskan ke perut bayi untuk mengatasinya. Benarkah cara ini aman dan efektif? Dokter spesialis anak, dr Melisa Anggraeni, MBiomed, SPA, mengungkapkan bahwa mencampurkan bawang merah dan minyak telon sebenarnya merupakan cara tradisional yang memang sudah dikenal di masyarakat untuk mengobati kembung. Tetapi sebenarnya menurut dr Melisa, ‘ramuan’ itu hanya menghangatkan saja dan bukan menyembuhkan.

“Bawang merah dicampur telon sebenarnya merupakan cara tradisional dari prinsip orang lama yang tujuannya baik yaitu menghangatkan perut bayi. Tetapi ini juga tidak disarankan karena bawang merah sebenarnya bersifat panas dan iritatif untuk kulit dan bisa menyebabkan alergi serta iritasi apalagi jika ditambah dengan minyak telon yang juga bisa mengandung kandungan iritatif lainnya,” jelas dr Melisa dalam perbincangan dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (8/10/2014).

dr Melisa menyarankan sebaiknya hindari mengusapkan campuran bawang merah dan minyak kayu putih atau minyak telon ke kulit bayi. “Kalau tetap mau memberikan kehangatan bagi perut bayi bisa dengan menggunakan baby oil atau dengan diusap air hangat. Itu akan lebih aman,” jelas dokter spesialis anak yang praktik di RS Siloam ini.

Kembung pada bayi biasanya muncul karena perlekatan yang salah pada saat bayi menyusu payudara ibu. Bisa pula terjadi karena bayi mengisap udara dari botol susu yang kosong. Bagaimana tanda perlekatan yang salah pada saat bayi menyusu ke payudara ibu? Yakni munculnya suara ‘cap-cap’ saat menyusu.

Sedangkan tanda perut kembung pada bayi yakni perut yang tampak lebih besar daru biasanya. Selain itu perut bayi agak keras saat ditekan. Biasanya bayi yang sedang kembung juga sering buang angin.dr M. Tatang Puspanjono, SpA, dokter spesialis anak RS Siloam mengatakan untuk mengatasi kembung pada bayi juga bisa dilakukan pemijatan. “Pijat bayi juga bisa mencegah bayi mengalami kembung. Ini sebagai salah satu efek dari rileks yang ia rasakan,” ucap dr Tatang.

Selain itu, menurut dr Tatang pemberian pijat bayi juga akan membuat bayi lebih rileks. Lakukan pijat bayi lebih kurang selama 15 menit sebelum ia tidur, bisa dipastikan bayi akan tidur lebih lelap dan lebih lama. Jika bayi bisa tidur lelap, maka perkembangan dan pertumbuhannya juga akan semakin baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *