Batimung, Spa Kecantikan Khas Banjar

Bagi Informasi Ini

Pelatihan SPA | Jadwal Pelatihan SPA 2015

totok creambathBatimung merupakan perawatan kecantikan dan kesehatan masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan. Spa batimung mengalirkan hawa panas, yang bermanfaat memperlancar aliran darah sehingga dapat memperbaiki metabolisme tubuh. Dikutip dari Indonesia Travel, dalam perawatan Batimung diterapkan tiga gerakan pijat yang bermanfaat untuk membuang kotoran dan keringat, menjaga metabolisme tubuh, dan juga relaksasi otot-otot.Rumput akar wangi, lengkuas, kunyit, kenanga, pandan wangi, kapulaga jawa, temu giring, temu lawak, bunga mawar, serai, minyak lala’an (minyak kelapa), bunga melati putih dan jeruk purut digunakan sebagai bahan ramuan spa batimung. Ramuan tersebut digunakan untuk mandi uap selama 30-60 menit.

Jika terasa lemas setelah melakukan spa ini, minumlah madu atau air gula, namun tidak dianjurkan meneguk air dingin atau yang mengandung batu es. Keringat yang keluar sebaiknya dibiarkan selama 1-2 jam, setelah itu barulah boleh mandi. Disarankan untuk tidak langsung terkena AC atau kipas angin.

Di Kalimantan Selatan, batimung dijadikan ritual wajib bagi pengantin Banjar baik pria maupun wanita. Spa ini biasanya diaplikasikan menjelang pernikahan.

Biasanya bagi calon pengantin pria, acara batimung cukup tiga hari tetapi bagi calon pengantin wanita bisa sampai satu minggu bahkan ada yang hampir satu bulan.

Setelah batimung selesai akan terlihat perbedaan nyata, kulit menjadi bersih dan halus serta keringatnya mengeluarkan bau yang harum. Bahan alami yang digunakan mampu mengangkat sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit baru.

Uap ramuan batimung yang mengandung minyak asiri diyakini masuk ke dalam tubuh dan membantu menyembuhkan penyakit. Batimung pun dapat dikembangkan untuk membantu orang yang tak mampu berolahraga, karena kecacatan anggota gerak. Dengan batimung, pasien dapat mengeluarkan keringat dan dibantu menuju kesembuhan.

Batimung juga dipercaya dapat mengatasi insomnia. Spa ini baik untuk melancarkan peredaran darah, sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak dan membuah tubuh menjadi sehat serta lebih bugar.

Wanita dewasa dan remaja putri, disarankan menggunakan batimung karena uapnya mampu membuat membakar lemak, mencerahkan wajah terlihat berseri dan juga menjadikan riasan wajah tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *