Baby SPA and Massage : Pijat Lembut, Hilangkan Cradle Crap

Bagi Informasi Ini

Pelatihan Baby Massage (Pijat Bayi) Untuk Bayi dengan Gangguan Kesehatan

Rambut tumbuh hitam, lebat, wangi, dan kulit kepala sehat merupakan tapanca indranda bahwa buah hati tumbuh sehat. Kadang, ada saja anak yang mengalami cradle crap di kulit kepalanya. Cara menghilangkannya cukup mudah asal ibu memerhatikan dua hal berikut:

KULIT KEPALA TIDAK KERING
Cradle crap sebenarnya tidak berbahaya, tapi bisa menimbulkan masalah apabila terinfeksi bakteri yang disebabkan karena cara perawatan yang salah. Menurut dr Herwina SpA, untuk menghilangkan cradle crap atau kerak di kepala bayi, sebaiknya tidak dilakukan dalam keadaan kulit kepala kering. “Karena kulit bayi bisa terluka sehingga memicu terjadinya infeksi bakteri,” terang dia.

Namun, bisa dengan mengoleskan baby oil, minyak kelapa, atau jenis minyak aman lain yang berguna untuk melunakkan kulit sehingga saat mengupas tidak mengalami masalah di kulit kepalanya.

MANDI
Selain itu, membersihkan kulit kepalanya bisa dilakukan ketika mandi. Menurut Wina, orangtua tidak perlu khawatir terhadap bayi apabila hendak keramas. Sebab, keramas baik dan bermanfaat untuk menghilangkan penumpukan sebum atau produksi kelenjar lemak berlebihan di kulit yang menyebabkan kerak tersebut. “Pastikan juga membersihkan dengan menggunakan sampo atau pembersih yang sesuai untuk bayi dan dengan cara yang benar,” ujar dia.

Menjaga kebersihan bayi sangat penting bagi orangtua sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan buah hatinya. Kerak pada kulit dapat dicegah agar tidak berkembang menjadi cradle crap hanya dengan rutin membersihkan kulit. Terutama daerah yang mengandung banyak kelenjar lemak. Pastikan juga kosmetik bayi atau bahan pembersih yang digunakan aman untuk kulit bayi dan anak, karena tidak menutup kemungkinan bahan yang terkandung di dalam pembersih dapat memicu alergi yang merupakan salah satu penyebab timbulnya cradle crap. (*/el/her/k8)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *