Arsitektur SPA : Tinjauan Pusat Perawatan SPA

Bagi Informasi Ini

hamamSpa merupakan suatu fasilitas pusat pemulihan kesehatan fisik maupunspiritual (Rejunevetin Center) dengan aktifitas relaksasi dan penyegeran seperti health screening, wallness center dan Spa and beauty center (2). Aktifitas relaksasi yang terjadi dalam perawatan yang menjadi pertimbangan adalah suasana yang tenang, nyaman dan memiliki privasi dalam kegiatan perawatan. Hal ini merupakan suatu cara bermeditasi bagi tubuh untuk mencapai suatu ketenangan jiwa dan raga. Lokasi spa merupakan salah satu tempat yang dapat digunakan sebagai daya tarik unggulan pada sarana perawatan tubuh dan relaksasi ini. Lokasi-lokasi spesifik dengan karakter lingkungan yang menonjol sangat berpengaruh pada  rancangan bangunan spa, dan dapat juga digunakan sebagai pembentuk image spa. Beberapa pertimbangan yang dapat digunakan untuk memilih lokasi sebuah spa adalah sebagai berikut :

  • Lokasi mendukung rancangan fasilitas dengan karakter kegiatan yang tenang. Spa merupakan suatu fasilitas relaksasi dengan karakter kegiatan yang tenang. Oleh karena itu, lokasi berkarakter tenang merupakan salah satu pertimbangan yang dapat mendukung tercapainya visi sebuah spa untuk memberikan layanan relaksasi bagi pengunjungya. Apabila lokasi yang dipilih adalah sebuah lokasi yang tenang maka perancangan bangunan spa dapat lebih mudah khususnya terkait dengan upaya pengkondisian suasana yang diinginkan. Namun apabila lokasi yang dipilih adalah suatu lokasi yang relatif ramai maka diperlukan strategi khusus pada perancangan sebuah bangunan spa sehingga suasana dalam bangunan dapat dicapai sesuai fungsi yang direncakan. Sebaiknya, apabila ketenangan lokasi dinilai kurang, maka dapat ditempuh beberapa strategi untuk menambah ketenangan dalam bangunan spa, diantaranya dengan :
  1. Perancangan buffer pelindung keramaian disekitar site/lahan yang dapat dilakukan dengan elemen vegetasi, gundukan tanah atau penggunaan tembok dengan ketebalan yang cukup
  2. Pengalihan keramaian dengan suara angin, desau angin, kicauan burung maupun elemen-elemen alamiah lainnya yang dapat memberikan ketenangan bagi pendengarnya.
  3. Aksesbilitas tinggi
  • Untuk pengunjung dari luar kota, kedekatan dengan kawasan bandara, terminal, stasiun dan jalan utama kawasan merupakan suatu kondisi yang memperlancar aksebilitas pengunjung dari luar kota. Dan untuk pengunjung dalam kota, lokasi yang dekat dengan permukiman dapat mempermudah pencapaian meskipun pertimbangan ini tidak jarang dibaikan dengan pengertian bahwa fasilitas spa adalah fasilitas yang menyasar masyarakat menengah atas sebagai konsumennya.
  • Lokasi yang memiliki karakter spesifik Lokasi yang memiliki karakter spesifik adalah daya tarik yang dapat dijadikan keunggulan pada perancangan fasilitas spa karena kondisi ini dapat menjadi salah satu pertimbangan untuk menentukan jenis spa yang direncanakan.

PUSAT PERAWATAN KULIT DAN SPA TRADISIONAL UNTUK WANITA DI YOGYAKARTA BERDASARKAN ARSITEKTUR TRADISIONAL JAWA

Prasasti, Kharlina Rhiza (2011) PUSAT PERAWATAN KULIT DAN SPA TRADISIONAL UNTUK WANITA DI YOGYAKARTA BERDASARKAN ARSITEKTUR TRADISIONAL JAWA. S1 thesis, UAJY.

 

Arsitektur SPA : Tinjauan Pusat Perawatan SPA

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *