6 Tips Memandikan Bayi yang Menyenangkan

Bagi Informasi Ini

32b4e67c987a6793ffeea4be323d8ceb_630x420_thumb

Memandikan bayi adalah kegiatan penting yang harus dilakukan secara benar oleh orang tua. Selain ditujukan untuk membersihkan badan, memandikan bayi perlu dilakukan secara hati-hati agar tidak melukai bayi. Mengingat kondisi bayi yang sangat lemah. Selain itu, memandikan bayi merupakan bagian penting dari perawatan bayi.Dikatakan oleh dr. Wiyarni Pambudi, SpA, IBCLC, rutinitas memandikan bayi memang sangat menyenangkan. Akan tetapi seorang ibu, terutama yang baru mempunyai anak pertama harus melakukannya dengan hati-hati. Selain itu, kegiatan memandikan bayi juga harus menyenangkan.”Kegiatan memandikan bayi sangat penting, ada beberapa tahapan yang bisa dilakukan oleh ibu dalam memandikan bayi dengan menyenangkan sehingga dalam kegiatan tersebut, sang ibu juga bisa sambil melatih perkembangan anak,”ungkap dr. Wiyarni kepada JitunewsJitunews di Kemang, Jakarta Selatan, Senin (30/5).

Lalu bagaimana memandikan bayi dengan ang menyenangkan? Di bawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh sang ibu dalam memandikan bayinya, seperti yang dikatakan oleh dr. Wiyarni:

1. Gunakan air hangat untuk merendam bayi. Sebelum bayi dimasukkan ke dalam bak, coba rasakan kehangatan air dengan kulit ibu atau menggunakan termometer kertas.
2. Ajak bicara bayi dengan ekspresi wajah yang menyenangkan dan intonasi suara yang riang untuk mengajaknya mandi.
3. Ajaklah bayi bercerita atau mengobrol agar ia merasakan keseruan dimandikan oleh orang tua melalui intonasi suara kita yang hangat dan menyenangkan.
4. Gunakan handuk yang lembut atau wash lap untuk membersihkan bagian-bagian tubuh bayi. Berikan usapan dengan hangat.
5. Biarkan bayi sejenak menikmati berada di dalam bak air yang hangat. Jika sudah lebih besar, orang tua dapat menyediakan mainan plastik di dalam bak mandi bayi.
6. Jika adakeraguan tentang cara membersihkan tubuh bayi (misalnya area genital) atau ada masalah kulit, lakukan konsultasi dengan dokter.
Penulis : Suciati, Syukron Fadillah

@jitunews http://www.jitunews.com/read/39193/6-tips-memandikan-bayi-yang-menyenangkan#ixzz4BcHuGSiY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *